Hindari Hal Ini Jika Anda Memiliki Arloji Mekanik

round gray mechanical watch, movement, mechanics, automatic watch, HD wallpaper

Dalam Bahasa Indonesia:  

Mechanical = Mekanik | Movement = Gerakan | Main Spring / Spring = Pegas | Crown = Mahkota | Chronograph = Kronograf | Pusher = Tombol Pendorong

Jam tangan mekanik dirancang untuk bertahan seumur hidup, dan jika dirawat dengan baik mereka bisa bertahan dari generasi ke generasi. 

Kerusakan ringan, baik eksterior maupun interior dari pemakaian hari-hari adalah normal. Untuk karena itu, akan lebih baik jika kita menservisnya setiap 3-5 tahun – atau setidaknya dibersihkan interiornya jika tidak ada kerusakan. Tetapi walaupun arloji mekanik cukup tahan banting karena kualitas yang dibuat sedemikian rupa, satu kerusakan arloji dapat membutuhkan waktu perbaikan yang lama, pengerjaan yang telaten dan membutuhkan seorang yang handal dan juga biaya yang kadang mencekik – ini juga bergantung oleh historical atau money value dari arloji anda sendiri. Inilah yang harus anda perhatikan dalam pemakaian jam mekanik sehari-hari.

Cara Penyimpanan

Menyimpan arloji dalam panas atau dingin yang ekstrim dapat menyebabkan kerusakan pada movement dan mesin. Perpindahan cepat dari suhu panas dan dingin yang berlebihan juga dapat menyebabkan bagian memuai dan berkontraksi. Ini dapat menyebabkan uap air memasuki dan merusak dial & movement. Suhu panas dapat mengeringkan pelumas, atau menyebabkannya membeku, menciptakan gesekan pada roda gigi. Meskipun ini hal yang mudah terlewati, hindari menjemur arloji di tempat yang terkena langsung pancaran matahari dalam waktu yang lama/

Pengaturan Fungsi 

Pengaturan fungsi arloji yang tidak tepat seperti menyetel tanggal selama berada di “zona bahaya” dapat menyebabkan ketidaksejajaran jendela tanggal dan bagian yang rusak dalam pergerakan. Zona bahaya pengaturan arloji adalah antara jam 9 malam dan 3 pagi. Selama waktu ini, roda gigi bergerak untuk mengubah tanggal.

Jika jendela tanggal tidak selaras, anda mungkin mulai melihat perubahan tanggal lebih awal atau bahkan setelah tengah malam. Fungsi tidak terbatas pada perubahan tanggal saja. Pengaturan yang tidak tepat pada arloji dapat menyebabkan kerusakan pada movement. Selain itu, pengaturan waktu mundur daripada maju juga akan merusak mainspring.

Memutar Arloji

Meskipun mungkin terlihat lebih mudah untuk mengatur waktu arloji pada saat anda memakainya di pergelangan, anda akan berpotensi mendapatkan lebih banyak kerusakan. Mengenakan arloji saat pengaturan dapat menyebabkan Anda memutar terlalu kencang dan tidak sengaja menarik crown keluar. Sudut tempat Anda menggerakkan crown dapat menyebabkan tekanan pada gerakan. Melepaskan arloji sebelum mengatur waktu akan memungkinkan anda untuk merasakan hambatan dan menarik crown keluar terlebih dahulu.

Cross-threading Crown

Cara lain untuk merusak crown selain menariknya ke sudut yang salah adalah ketika anda memasangnya kembali. Tidak semua arloji memiliki sekrup ke bawah, tetapi jika Anda melakukannya, berhati-hatilah saat menutupnya. Crown bisa saja menjadi macet dan menyebabkan kerusakan permanen.

Menggunakan Arloji Chronograph Underwater

Memulai stopwatch pada chronograph di bawah air dapat memungkinkan air masuk ke dalam case. Pengaturan waktu di bawah air harus dilakukan dengan bezel uni-directional daripada kronograf. Adanya penekanan di bawah air dapat merusak segel dan memungkinkan air masuk ke dalam movement dan terjadilah karat. Bahkan Dial-pun juga bisa rusak, berkarat atau berubah warna. 

Menyelaraskan Pusher Dengan Salah

Seiring dengan menyesuaikan crown dengan benar, anda juga harus memastikan bahwa pusher sejajar. Pusher seperti ini paling sering ditemukan pada arloji yang lebih rumit, misalnya arloji dengan kalender. Jika anda tidak mendorong pusher sepenuhnya sebelum membiarkannya keluar, pusher dapat macet di tengah dan memecahkan roda pada mesin. Akan lebih baik untuk tidak terburu-buru & meluangkan waktu Anda saat melakukan ini. Arloji anda berharga dan tentunya anda tidak ingin mengirim arloji ke servis resmi yang memakan waktu dan biaya.

Mengekspos Arloji ke Medan Magnet

Menghindari meletakkan jam tangan anda di dekat radio, speaker, dan perangkat elektronik seperti ponsel dan tablet adalah cara terbaik untuk menghindari kerusakan movement.  Beberapa arloji dirancang khusus untuk medan magnet tinggi, seperti Rolex Milgauss dan Omega Seamaster Aqua Terra.

Arloji yang memiliki fitur anti-magnetik tinggi diberi label dengan peringkat Gauss. Gauss adalah unit untuk mengukur magnet. Dengan kemajuan teknologi arloji, beberapa merek menggunakan bahan alternatif non-magnetik di dalam movement mereka.

Menjatuhkan & Membenturkan Arloji

Yang terakhir, tentunya adalah hindari menjatuhkan arloji anda. Kerusakan dapat berasal dari penurunan pendek atau dari ketinggian yang lebih besar, tergantung pada permukaan pendaratan dan bagaimana arloji jatuh. Setiap kali arloji terbanting ke permukaan yang keras, arloji ini berpotensi menyebabkan kerusakan, termasuk ketika sedang dipakai dan bertabrakan dengan sesuatu yang keras. Untuk mencegah terjatuhnya arloji, lepaskan dengan hati-hati dari pergelangan tangan atau kasing anda. Jika anda berencana mengenakan arloji sambil berpotensi menabrak dinding atau permukaan keras lainnya, mungkin pertimbangkan melepasnya terlebih dahulu.