Mengenal dan Memilih Arloji Chronograph

Breitling Aviator 8 Mosquito Chronograph Watch Hands-On Debut ...

“Chronograph” (dibaca Kronograf dalam bahasa Indonesia) merupakan penamaan untuk arloji yang dilengkapi dengan stopwatch. Mulai ditambahkan pada arloji pada awal abad ke-20, di mana pembalap dan pilot dapat mengatur mereka sendiri dengan fitur stopwatch tersebut. Pada zaman keemasannya, Astronot Apollo 13 Jack Swigert menggunakan Omega Speedmaster chronograph-nya untuk menentukan waktu koreksi yang signifikan saat mereka pulang ke bumi.

Meskipun terlihat kompleks, tidak sulit untuk menggunakan fitur Chronograph. Anda cukup menekan tombol start / stop di samping arloji untuk memulai atau menghentikan stopwatch; tekan tombol bawah untuk mengatur ulang kembali ke nol.

Bagian yang lebih membingungkan muncul dalam memahami apa arti sub-dial yang membentuk kronograf.

Arloji Chronograph biasanya terdiri dari 2-3 subdial, yang merupakan Jarum Detik Jam, Jarum Menit Chronograph dan Jarum Jam Chronograph. Layaknya fitur stopwatch, anda dapat menggunakan fitur ini sesuai dengan sub-dial yang tersedia. Berikut contoh arloji Chronograph Omega Speedmaster yang memiliki 3 sub-dial.

Selain tiga sub-dial tersebut, anda juga dapat melihat jarum detik jam, atau biasa disebut dengan Chronograph Second Hand yang panjang dan tipis. Berbeda dengan jarum detik pada jam tangan tanpa Chronograph, jarum jam ini hanya bergerak ketika Anda memulai stopwatch. 

Pada contoh Omega Speedmaster ini, Anda akan melihat dua jarum detik, yaitu Detik Jam dan Detik Chronograph (stopwatch). Jarum Detik Jam terletak di sub-dial sisi kanan. Anda akan melihat jarum tersebut akan terus bergerak bahkan ketika Jarum Detik Chronograph digentikan (stopwatch dalam keadaan mati).

Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan ketika membeli jam tangan kronograf baru. Hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan adalah bagaimana Anda berencana untuk menggunakan fitur ini; yang harus menentukan jenis model yang Anda pilih, selain dari anggaran Anda. Berikut tips untuk memilih Chronograph yang cocok untuk Anda.

  • Pilih Chronograph yang mudah dibaca.
  • Pilih Chronograph dengan fitur lumen untuk malam hari.
  • Pilih Chronograph dengan dua atau tiga pusher untuk kemudahan penggunaan.
  • Pilih Chronograph yang terkenal karena akurasinya jika anda memang ingin menggunakan fitur stopwatch Chronograph. Akurasi Chronograph menggambarkan kualitas arloji tersebut.
  • Pilih Chronograph tipe mekanik (Mechanical) dengan cadangan daya (Power Reserve)
  • Pilih Chronograph yang tahan air (Water Resistant) agar stopwatch dapat digunakan dalam kondisi basah.
  • Lebih baik tidak memilih Chronograph yang memiliki banyak fitur lain dan rumit untuk dioperasikan atau dibaca – selama Anda tidak memerlukannya.
  • Lebih baik tidak memilih Chronograph yang memiliki Pusher yang sensitif terhadap sedikit sentuhan.
  • Jangan berharap untuk menggunakan Chronograph yang memiliki fungsi alarm. Sebagian besar tidak memiliki peringatan yang dapat didengar.
  • Jangan menganggap setiap arloji dengan 2 atau 3 sub-dial yang terlihat seperti Chronograph adalah memiliki fungsi Chronograph. Seringkali penampakan yang digunakan untuk Chronograph juga digunakan untuk komplikasi lain, misalnya Moonphase. Pastikan untuk memeriksa dengan hati-hati & memastikan jika arloji yang Anda ingin benar-benar memiliki fungsi stopwatch Chronograph.

Berdasarkan sejarang dan fungsi,  fitur Chronograph memang banyak digunakan oleh Pilot dan Astronot. Akan tetapi, Arloji Chronograph saat ini sudah digemari dan sering dipakai untuk menunjukan prestis dan gaya. Padahal fitur Chronograph ini tidak harus digunakan untuk menerbangkan pesawat atau pergi ke bulan saja. Banyak kegiatan yang dapat anda manfaatkan dengan stopwatch Chronograph; misalnya perhitungan proyek yang membutuhkan waktu pekerjaan tertentu, balap sepeda, mengukur detak jantung maupun menghitung tingkat oksigen penyelam. 

Kronograf adalah salah satu fungsi yang diinginkan sebagian besar pria pada arloji, namun sebagian besar belum pernah menggunakan fitur Chronograph yang mereka miliki. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang telah membeli Chronograph berdasarkan daya tarik universal daripada mengetahui kemampuan aktualnya, coba bersihkan dan ujilah. Chronograph rumit dalam pembuatan tetapi mudah saat penggunaan. Dari sekian banyak komplikasi yang tersedia pada sebuah arloji, ini adalah salah satu fitur yang benar-benar layak mendapatkan perhatian Anda.