Mengenal Movement Arloji Quartz, Mechanical & Automatic

The Art Inside the Movement – BuzzuFy.com

Dalam Bahasa Indonesia:  

Movement = Gerakan | Quartz = Kuarsa | Mechanical = Mekanik | Automatic = Otomatis

Digambarkan sebagai jantung arloji, movement mengacu pada mekanisme yang menggerakkan jarum pada arloji dan menjadi pondasi fitur arloji seperti kalender, chronograph (aka stopwatch) atau dual time zone (zona waktu ganda).

Pembuat arloji menghabiskan sebagian besar waktunya dengan cermat merancang interior jam tangan. Mereka yang sadar akan seluk-beluk pembuatan jam bersikeras bahwa mekanisme yang dibuat dengan cermat menentukan sebuah mahakarya dan memisahkannya dari arloji biasa-biasa saja. Inilah salah satu alasan mengapa harga arloji bervariasi dari ratusan ribu hingga ratusan juta. Biasanya, seorang peminat jam sejati akan memiliki perhatian terhadap detail dan mekanisme di bagian dalam jam tangan. 

Terdapat tiga macam gerakan arloji, yaitu Quartz, Mechanical & Automatic.

Quartz

Pada tahun 1969, Seiko, perusahaan pembuat jam tangan asal Jepang memperkenalkan Quartz movement. Peluncuran teknologi baru ini menantang arloji tradisional yang mengandalkan gerakan Mechanical. 

Quartz bergetar 32.768 kali per detik, menciptakan sinyal dengan frekuensi yang tepat melalui sepotong kristal quartz. Getaran diukur oleh sirkuit dan diubah menjadi detak jam tunggal setiap detiknya. Inilah yang membuat tampilan jarum jam yang bergerak secara individual. Alasan Quartz mempunyai peminnatnya sendiri dikarenakan akurasi, ketahanan dan kemudahan untuk dipakai sehari-hari.

Manfaat Arloji Quartz

  • Akurat: Mekanisme Quartz memastikan akurasi yang unggul
  • Mudah Digunakan: Quartz hanya memerlukan daya baterai dan tidak memerlukan campur tangan manusia untuk terus berdetak
  • Low Maintenance: Penggunaan baterai dan jumlah komponen mekanik yang sedikit membuat arloji quartz tidak memerlukan perawatan yang extensive.
  • Harga Terjangkau: Pembuatan arloji quartz tidak sekompleks pembuatan mekanik dan automatic. Sehingga harganya pun juga lebih terjangkau.
  • Daya tahan: Quartz memiliki lebih sedikit bagian bergerak yang mungkin perlu diperbaiki, menjadikannya lebih tahan lama daripada arloji lain.

Mechanical

Jam Mechanical membutuhkan winding (putaran) mekanik untuk menghasilkan pergerakanan jarum detik bergerak dan menghasilkan putaran menyapu yang halus. Winding mekanik ini dibutuhkan untuk memberikan energi pada spring (pegas) arloji yang perlu dilakukan secara berkala.

Tidak seperti movement pada arloji quartz, movement pada arloji mekanik membutuhkan energi mekanik dengan cara memutar spring alih-alih bergantung pada baterai. Energi inilah yang kemudian membuat mesin arloji berjalan dalam kurun waktu tertentu –  bergantung kepada penuh atau tidaknya winding yang kita berikan dan kualitas mesin pada arloji itu sendiri.

Manfaat Arloji Mechanical

  • Panjang Umur: Arloji Mechanical yang dirancang dan dibuat dengan baik akan bertahan seumur hidup dengan perawatan yang tepat
  • Baterai: Anda tidak perlu khawatir tentang penggantian baterai yang selalu merepotkan karena arloji akan bekerja cukup dengan winding mekanik saja
  • Estetika: Banyak arloji Mechanical memiliki selubung safir transparan di bagian belakang dan menampilkan kepada anda pandangan yang jelas tentang rotasi dan osilasi yang menarik dari mesin arloji yang bekerja
  • Feel: Banyak horologi yang menganggap ritual winding arloji Mechanical menjadi aktivitas yang memberikan self-calm.

Automatic

Arloji dengan movement automatic adalah arloji mechanical (mekanis) yang memanfaatkan energi kinetik dari gerakan alami pergelangan tangan sang pemakai sehingga tidak membutuhkan pemutaran spring secara mekanik lagi. Ini dikarenakan adanya logam berat bernama rotor yang ditambahkan pada mesin arloji Mechanical sehingga rotor dapat bergerak secara bebas dan memberikan energi otomatis kepada spring. Salah satu faktor utama penggerak rotor adalah pergerakan tangan pemakai itu sendiri. Sama dengan arloji movement mekanik, jarum detik arloji automatic berputar secara halus dengan gerakan menyapu.

Manfaat Arloji Automatic

  • Mudah: Ritual harian untuk memutar spring pada arloji Anda tidak diperlukan lagi karena adanya dengan rotor untuk menggerakan secara otomatis.
  • Dengan pemakaian rutin, arloji akan terus berfungsi karena rotor selalu mengisi pegas dan mesin
  • Solid: Berbeda dengan arloji movement mechanical yang cenderung langsing, arloji automatic biasanya lebih tebal karena adanya rotor tambahan. Hal ini juga membuat arloji menjadi lebih berat dan terasa lebih solid di pergelangan tangan anda.