Mengulik Cerita Di Balik “Popeye” Yacht Master

Bamford Watch Department x DrX Romanelli Popeye Yachtmaster 2015 ...BWD X DRX—ARMY VS NAVY—“POPEYE” YACHT-MASTER

 

Semua barang yang kita beli, pasti memiliki jiwa dan cerita.

 

Kita mengingat uang yang telah kita sisihkan, harga yang harus kita bayarkan, dan perasaan saat dan setelah membeli barang tersebut. Bahkan jika kita terlalu menginginkannya, kita akan memiliki koneksi yang lebih dalam dengan barang tersebut, membuat kita puas akan memilikinya.

 

Bagi seorang Geoge Bamford, penemu Bamford Watch Department, masa kecil adalah masa yang berharga untuknya, ditemani oleh kartun seperti Popeye Sang Pelaut, Snoopy dan Mickey Mouse.

“Daridulu saya menyukai tokoh Popeye Sang Pelaut, menurut saya gagasan tentang seorang lelaki berotot pemakan bayam itu keren, dan dia hanya seorang lelaki biasa.”

Pada tahun 2003, George menguraikan keinginannya kepada Darren Romanelli, teman dan kolaboratornya, jika ia ingin menempatkan tokoh kesayangannya tersebut pada jam tangan. Bukan untuk tujuan bisnis, tetapi karena itu adalah obsesi pribadinya, terinspirasi oleh tokoh yang ia idolakan, Popeye Sang Pelaut.

“Saya tidak melihatnya dari sisi penjualan; Saya hanya menginginkan Rolex Yacht-Master dengan Popeye di atasnya. Saya tidak berpikir orang lain akan terobsesi dengan Popeye seperti saya”.
 
Geoge bekerja sama dengan Hearst, pemilik hak cipta tokoh Popeye. Hearst bahkan menciptakan tokoh Popeye untuk Bamford Watch Department.
“Ketika saya mereferensikan sesuatu seperti serial kartun lama, merek-merek besar telah melakukannya — pikirkan saja tentang Rolex Mickey Mouse. Apa yang saya lakukan sebenarnya hanya memberi penghormatan kepada yang asli. Tapi saya melakukannya dengan cara saya sendiri”.

Rolex Popeye karya George menjadi incaran besar kolektor. Peluncuran pertama terjual habis dalam waktu satu setengah minggu.

 

Cerita ini diambil dari buku A Man & His Watch oleh Matt Hranek.