Menyimpan dan Merawat Arloji Quartz & Mekanik Tidak Terpakai Saat Sedang Di Rumah Saja

person looking at watch photo – Free Person Image on Unsplash

Dalam Bahasa Indonesia:  

Mechanical = Mekanik | Quartz = Kuarsa | Movement = Gerakan | Lubricant = Pelumas | Winding = Memutar Pegas Pada Arloji Mekanik

Idealnya, arloji harus disimpan dalam pengaturan yang dikontrol suhu, terjauhkan dari sinar matahari secara langsung atau suhu udara yang terlalu dingin. Untuk mengatasi efek kelembaban, anda dapat menyimpan arloji dengan gel silika. Anda dapat membeli gel silika dalam jumlah besar atau mendaur ulang paket yang datang dengan hampir semua peralatan elektronik. Karena gel silika berfungsi untuk menyerap kelembaban, seringkali warna asli mereka, biru, akan menjadi putih atau merah muda saat uap air telah menumpuk. Itu adalah tanda untuk anda mengganti dengan gel silika yang baru.

Pada dasarnya, masalah kelembaban ini tidak banyak dihadapi di Indonesia, karena suhu ruangan dan AC di negara tropis ini masih terbilang wajar. Tetapi terlepas di mana anda berada, kelembaban akan menjadi musuh alami jam tangan Anda, di mana kelembaban dan kondensasi dapat merusak arloji mekanik saat minyak mengental dan kehilangan sifat pelumasnya jika disimpan dalam brankas dingin. Bukan hanya arloji mekanik saja, sirkuit IC pada arloji Quartz juga dapat rusak karena kondensasi.

Arloji yang menganggur dalam jangka panjang memang bisa menimbulkan masalah, tetapi jangan khawatir. Jika kita membicarakan durasi 2-3 bulan, maka arloji anda akan baik-baik saja. Tetapi jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama – misalnya 8 bulan ke atas, maka anda disarankan untuk merawatnya dengan ekstra hati-hati. Misalnya, pada arloji Quartz yang tidak terpakai, ada baiknya anda mengeluarkan baterai saat tidak memakai jam dalam waktu yang lama untuk menghindari resiko korosi dan kebocoran baterai. 

Sementara itu, jam tangan mechanical memiliki bahaya sendiri. Saat lubricant pada mesin mengering, movement dapat membeku. Itulah sebabnya sering direkomendasikan agar jam tangan mekanik terus diputar (winding) dan dikenakan secara berkala. Tetapi, cara ini tidak mengurangi kebutuhan arloji anda untuk diservis dan dibersihkan secara profesional. 

Memang sejak akhir 90-an, banyak brand yang berinvestasi dalam pelumasan. Rolex dan Seiko contohnya, telah telah menjadi pelopor dalam hal ini. Bahkan sekarang sudah ada oli sintetis yang secara signifikan meningkatkan interval perawatan. Ketika Rolex pertama kali mengumumkan oli baru mereka, ada spekulasi mengenai berapa lama arloji bisa digunakan tanpa servis. Sekarang di 2016, interval yang direkomendasikan untuk arloji yang diproduksi setelah 2020 adalah 10-15 tahun umur arloji.

Kami akui memang tidak ada cara mutlak maupun aturan yang pasti untuk menyimpan arloji anda. Tetapi, ingatlah poin-poin penting yang di atas mengenai suhu dan kelembaban dan pemeliharaan umum yang rajin. Dipakai maupun tidak, atau bahkan akan dijual, memastikan arloji terjaga dengan baik akan menambah nilai jual koleksi anda.