Omega Constellation Co‑Axial Master Chronometer 39 mm, Arloji Klasik Yang Diperbarui

2020 Omega Constellation Gents Collection 39mm

Saat menyebutkan Omega dan koleksinya, tentunya arloji yang terbesit langsung “Speedmaster” dan “Seamaster”. Tentu saja, dua arloji itu adalah beberapa yang paling ikonik di seluruh industri. Meski demikian, Omega memiliki lebih dari itu, termasuk koleksi yang sedikit terabaikan namun kaya bernama “Constellation”. Lahir pada 1950-an, Constellation awalnya menjadi koleksi eksperimental dengan desain yang menarik dan fokus konstan pada presisi. 

Sementara Speedmaster merupakan koleksi yang mudah dipahami dan Seamaster dipandang sebagai arloji menyelam Omega, sejarah Constellation oleh Omega sedikit lebih kompleks. 

Kelahirannya kembali pada era di mana nama Constellation sendiri diadopsi oleh Omega, ketika Omega merilis arloji edisi terbatas untuk merayakan ulang tahun ke-100 pada tahun 1948. Dengan keberhasilannya pada saat itu, Omega memutuskan untuk membuat koleksi penuh berdasarkan kombinasi ketepatan dan kepraktisan yang tak tertandingi.

Pada tahun 1952, Omega meluncurkan seri yang diproduksi oleh Constellation, koleksi yang awalnya ditakdirkan untuk pria, dilengkapi dengan kaliber 354. Dua fitur menonjol yang membedakan dari edisi pertama ulang tahunnya yaitu, “Constellation”, bintang dan nama arloji di atas 6 o ‘ penanda jam dan caseback tertutup dengan medali yang menampilkan Observatory of Geneva, dimahkotai oleh konstelasi delapan bintang. 

Model pertama dilengkapi dengan kaliber 351, 352, dan 354 dengan rotor bemper dan diganti empat tahun kemudian dengan kaliber 500, 501, 505 dan kemudian, pada tahun 1966 dengan kaliber 561 untuk model tanggal, dan akhirnya kaliber 564. Sejak awal Constellation, Omega selalu memberi perhatian besar pada kronometri untuk memberikan konsep mewah Omega.

Omega Constellation history

Pada akhir 1960-an, ketika desain berubah secara drastis dalam pembuatan arloji, Omega menggunakan koleksi Constellation-nya untuk memperkenalkan arloji yang berani dan mirip dengan strapnya, atau terintegrasi. Di pasaran, debut strap terintegrasi pertama dimulai pada tahun 1969, yang pada waktu itu Constellation belum terwujud. Omega Constellation BA 368.0847 adalah contoh sempurna dari transisi arloji memiliki strap terintegrasi dan casing berbentuk (bahkan sebelum Audemars Piguet melakukannya dengan Royal Oak).  Omega Constellation dapat disebut sebagai “arloji pertama di dunia yang dilengkapi dengan strap yang benar-benar terintegrasi dengan jam.”

Pada tahun 1970-an, gerakan quartz hadir dalam koleksi Constellation – yang, dalam beberapa hal, masuk akal, karena quartz tidak hanya dilihat sebagai masa depan pembuatan jam saat itu tetapi juga sebagai solusi terbaik dalam hal presisi. Titik balik nyata dalam sejarah Constellation, dan langkah yang menjelaskan desain saat ini, terjadi pada tahun 1982, bersama koleksi Constellation Manhattan. Masih diberdayakan oleh gerakan kuarsa, fitur khas dari koleksi ini adalah empat ‘Griffes’ atau cakar yang memanjang dari case melalui dial. Diposisikan pada jam 3 dan 9, jarum yang sangat halus menjadi ciri khas Manhattan. Menangkap secara estetika, jarum juga melakukan fungsi praktis dengan memegang kristal safir dan gasket dengan kuat pada case untuk memastikan ketahanan air.

Dirancang oleh Carol Didisheim dan dipatenkan pada tahun 1985, Manhattan menampilkan kasing berbentuk kotak dan ditawarkan kepada pria dan wanita dalam emas dan baja dan kombinasi dari kedua logam. Pada 1995, desain berevolusi lagi, ketika angka Romawi pada tombol dial bermigrasi ke bezel.

Pada tahun 1984, versi otomatis Manhattan diperkenalkan bersamaan dengan penawaran reguler quartz. Calibre 1111 adalah gerakan kronometer bersertifikat yang didasarkan pada ETA terkenal 2892-2. Pada tahun 2003, Constellation Double Eagle – diluncurkan di Omega European Masters Golf Tournament – yang ditingkatkan dengan kaliber 2500 Co-Axial pertama Omega.

Sebuah langkah besar dalam sejarah Constellation terjadi pada 2015, dengan diperkenalkannya sertifikasi Master Chronometer Omega dan jam tangan Globemaster baru, yang memberi penghormatan kepada jam tangan “Pie-Pan” awal. Meski begitu, desain asli tahun 1980-an tidak dilupakan dan, dengan mempertimbangkan keberhasilan jam tangan saat ini dengan gelang terintegrasi, Omega telah memutuskan untuk memperbarui Constellation Manhattan dengan model-model baru untuk tahun 2020.

Chronometer Master Constellation Co-Axial 39mm bukanlah desain baru. Omega telah memutuskan untuk melakukan facelift yang halus alih-alih sepenuhnya membentuk kembali arlojinya yang terintegrasi. Salah satu alasan utama adalah bahwa, meskipun Constellation Manhattan tidak dihargai oleh pasar Eropa dan Amerika Serikat, ini adalah kesuksesan besar di Asia. Omega tidak ingin mengubah resep terlalu banyak. 

Meskipun arloji ini terlihat familiar; casing, strap, dial, jarum dan movement, semuanya telah dirancang ulang secara halus. Pertama-tama, arloji ini memiliki diameter 1mm, untuk membuatnya sedikit lebih hadir di pergelangan tangan dan agar sejalan dengan permintaan saat ini untuk jam tangan yang sedikit lebih besar. Berkat kasing yang berbentuk dan strap terintegrasi, arloji ini tetap terlihat fit di pergelangan tangan. Meskipun tetap setia pada desain asli yang dimainkan pada garis cekung dan cembung, casing telah sepenuhnya dimofikiasi untuk sekarang menawarkan hasil akhir yang lebih baik dan lebih halus.

Pertama, bezel sedikit lebih tipis dan angka Romawi, yang masih terukir pada pinggirannya, lebih kecil dari sebelumnya. Kedua, jarum yang merupakan elemen khas dari koleksi lebih berjarak tetapi masih dipoles untuk kontras pada case.

Seluruh pinggiran kasing juga menampilkan bezel yang dipoles yang menambah dinamisme pada arloji dan meningkatkan kualitas yang dirasakan. Sejalan dengan produk Omega lainnya, crown memiliki profil kerucut. Namun, yang mengejutkan, Constellation Master Chronometer 39mm “hanya” tahan air hingga 50 meter, sedangkan model 38mm sebelumnya diberi peringkat 100m.

omega-constellation-13120392002002-1-product-zoom

Bagian penting dari desain Omega Constellation adalah strap yang terintegrasi. Namun, jika strap stainless steel bukan favorit Anda, Omega juga menawarkan beberapa variasi Constellation Master Chronometer 39mm baru dengan strap kulit buaya yang memberikan arloji ini penampilan yang baru yang lebih bagus. Opsi strap kulit ini dipadukan dengan gesper yang dipasang.

Omega melanjutkan integrasi gerakan Master Chronometer yang unggul di semua koleksinya, tidak terkecuali untuk Constellation. Mengganti Calibre 8500 yang ditemukan dalam versi 38mm sebelumnya, Omega Constellation 39mm yang baru menjadi “Co-Axial Master Chronometer” dan mengintegrasikan kaliber 8800 yang terkenal (atau 8801 pada versi emas). Gerakan ini sama dengan yang digunakan pada Seamaster Diver 300M yang baru-baru ini dirubah dan telah terbukti sangat tepat dan andal.

2020 Omega Constellation Co-Axial Master Chronometer 39mm

Berdetak pada 25.200vph (3.5Hz) dan dengan cadangan daya 55 jam pada satu barel, gerakan otomatis ini menampilkan semua inovasi Omega klasik, seperti pelepasan Co-Axial dan pegas keseimbangan silikon. Gerakan kronometer yang disetujui METAS juga menawarkan sifat anti-magnetik yang kuat yang mampu menangani bidang hingga 15.000 gauss.

Pada kesimpulannya, sudah jelas bahwa Omega telah mengupayakan garis yang lebih konservatif dengan edisi baru Constellation ini. Evolusi desainnya halus dan hanya terlihat dalam detailnya. Namun secara keseluruhan, Omega telah meningkatkan arlojinya di semua aspek. Constellation merupakan arloji konservatif, di mana ia sedikit lebih elegan dan tidak terlalu sporty dengan strap terintegrasi dengan desainnya yang relatif unik.

omega-constellation-13153392002002-1-product-zoom

Spesifikasi

Diameter: 39 mm

Bahan: Baja; Sedna emas; kuning emas; baja dan emas kuning; baja dan emas Sedna

Tahan air: 50 m

Gerakan: Cal. 8800 (Baja dan model dua nada); Cal. 8801 (model emas)

Fungsi: Jam, menit, detik, dan tanggal

Berliku: Otomatis

Cadangan daya: 55 jam

Tali: Gelang atau kulit

Diadaptasi dari: https://monochrome-watches.com/